Thursday, July 19, 2007

tour d' bali 2

Minggu, 15 Juli 2007

Berangkat dari rumah Om Hans pukul 10 pagi. Kami menuju ke Goa Gajah. Isaac dan Grace sangat menikmati perjalanan sebab di kanan kiri banyak patung dan anjing :-)
Ini foto-foto di Goa Gajah. Goa Gajah ini adalah tempat suci bagi orang Bali, terutama pemeluk agama Hindu-Budha. Orang dewasa yang masuk ke sini harus berpakaian rapi, tidak boleh pakai celana pendek. Makanya Mami sama Papi dipinjami penutup kaki. Isaac juga mau pakai :-) tapi tidak ada yang seukuran anak-anak, nanti yang ada malah tidak bisa jalan.

Keterangan :
  1. Foto 1 dan 2 : Pancuran di kolam itu (mmm .. namanya Mami lupa :D) ada 7 jumlahnya. Konon kabarnya digunakan untuk mandi oleh raja-raja jaman dulu.
  2. Foto 3 : Isaac dan Grace duduk di ceruk di dalam Goa Gajah yang digunakan untuk bermeditasi. Grace menolak untuk duduk karena dia merasa tidak nyaman dengan suasana gelap di dalam goa.
  3. Foto 4 : Goa Gajah, reliefnya menceritakan tentang kehidupan di hutan.
  4. Sisanya : udah tau sendiri ya .. itu foto-fotonya Isaac dan Grace bersama Mami dan Papi :-)
Nah kalau yang di bawah ini kegiatan Isaac dan Grace selama di Istana Tampak Siring. Di sini juga ada Istana Kepresidenan.

Di sini ikan masnya besar-besar. Isaac dan Grace langsung ingin memberi makan. Ikannya juga senang. Mereka langsung mengerubuti Isaac dan Grace.

Waktu masuk ke pura, orang dewasa harus memakai pakaian adat, sebab itu tempat suci bagi mereka. Di sini kami juga dipinjami kain. Isaac ingin pakai dan kebetulan ada yang kecil, cocok buat dia. Tapi tidak ada yang sekecil Grace. Padahal Grace juga ingin pakai :-(

Pada saat kami ke sana, sedang ada kegiatan ibadah di pura. Jadi kami bisa lilhat upacara ibadah berlangsung. Ssss...tttt tapi gak boleh ribut ya.

Kemudian kami menuju kolam sumber mata air di Tampak Siring. Di kolam ini kami melihat pemandangan yang menakjubkan, air dari dalam tanah meluap keluar di antara pasir .. dan sekelilingnya ditumbuhi tanaman pakis. Bagus banget deh. Pemandangannya seperti pemandangan bawah laut, airnya bening sekali, sampai susah motretnya karena pantulan bayangan dari atas jelas sekali.

Papi, Isaac dan Grace sempat berenang di kolam sebelahnya. Untuk berenang juga harus memakai pakaian adat. Jadi Isaac tetap memakai sarungnya. Wah .. Grace jadi semakin pingin pakai sarung kayak Isaac.
Isaac yang baik .. dia memilihkan pita pengikat pinggang untuk Grace. "Gracenya mau pakai, Mami. Ini buat Grace." Trus dia memakaikan pita itu ke Grace. hehehe ..

Brrrr... airnya dingin sekali. Apalagi mendungnya juga tebal sekali. Akhirnya kami tidak berlama-lama karena Isaac dan Grace sudah kedinginan. Mereka tidak mau nyemplung sama sekali, maunya main di pinggir kolam aja.

Waktu lagi bilas, mulailah hujan turun rintik-rintik. Buruan deh kami lari keluar, menuju mobil. Eeehh .. ternyata .. Pak Wayan parkirnya lumayan jauh. Jadi Papi Fredy hujan-hujanan untuk njemput Pak Wayan. Sementara menunggu sambil berteduh, Grace dan Isaac mainin air hujan yang jatuh dari atap. Waaahh ..

Pulang dari Tampak Siring, kami menuju ke Pantai Sanur. Di pinggir pantai sini banyak rumput laut. Hanya main sebentar di sini. Papi menyewa kano untuk dinaiki bersama Isaac dan Grace. Hmm .. enak ya? Sebetulnya Grace tidak suka laut karena berpasir, dia takut berdiri di atas pasir yang kalau diinjak bergerak dan tidak mantap. Tapi kalau naik kano .. ya oke lah!

No comments: