Thursday, December 22, 2011

raport isaac kelas 1 semester 1




Isaac terima raport hari ini yang isinya hasil pengamatan lao shi selama 1 semester Isaac belajar di Pahoa. 

Saturday, December 17, 2011

Saturday, December 03, 2011

acara hari ini

Hari ini kami pergi ke Mangga Dua. Mami yang nyetir karena tangannya Papi masih bengkak. 
Tiba di Mangga Dua Mall, kami langsung ke lantai paling atas, Papi sudah ditunggu oleh Pak Besar.
Isaac seperti biasa tidak bisa menunggu sambil duduk diam. Dia berjalan-jalan sebentar kemudian singgah di sebuah toko komputer yang teknisinya sedang menyalakan komputer dan main game. Akhirnya dia ikutan duduk di lantai bareng dengan mereka. Dan tidak lama kemudian ikut nuturi (ngasih tau caranya) main game ke teknisi-teknisi itu hihihi .. 

Grace sama Milen tetap di tempat menunggu main balon dan makan roti. 

Karena barang yang dicari tidak ada yang harganya cocok, Papi segera pindah ke Harco Mas Mangdu. 
Sambil menemani Papi menawar barang dan bernegosiasi, Isaac main bersama Grace dan Milen.
Main apa di tempat pertokoan seperti itu?
Main apa saja. Mereka selalu bisa menemukan permainan di mana saja, dengan atau tanpa mainan, asalkan mereka berkumpul, ada saja yang bisa dibuat mainan/acara. Hebat ya anak-anak itu :)

Isaac juga iseng-iseng mencoba meminum jus mangga dengan es teh bersama-sama. Katanya sih enak. Tapi Grace tidak suka, sementara Milen tidak mau mencoba hihih .. 



Menjelang sore, kami berempat (Mami, Isaac, Grace dan Milen) pulang lebih dulu, karena Papi ternyata masih sangat lama. Akhirnya Mami mengajak mereka semua ke Serpong, ke rumah makan milik temannya Mami di Gading Serpong, namanya Furumai Ramen, tempatnya di dekat Pasar Modern Sinpasa Gading Serpong. Kami mencoba Mie Item, Mie putih, dan hotdog.

Milen ternyata suka mie itemnya. Isaac suka hot dog. Grace belum menemukan kesukaannya, karena mie putih yang dia pesan ternyata dia tidak terlalu suka sementara dia tidak mau mencoba mie itemnya.

Mereka bermain juga dengan Om Tony, pemilik rumah makan tersebut. Karena Om Tony bisa bahasa mandarin, mereka juga bermain sambil sedikit-sedikit belajar mandarin.


Pulangnya, kami menyetel lagu kencang-kencang, yang nyanyi Umay, judulnya Rocker Kid. Mereka bertiga suka dengan lagu ini. hehehe ..

Tuesday, November 29, 2011

hari pertama belajar di ef



Kemarin adalah hari pertama Milen ikut belajar Bahasa Inggris di EF.
Di luar dugaan, ternyata di hari pertama ini, hampir semua anak ditemani oleh mbak atau neneknya. Hanya ada 2-3 anak yang masuk sendiri, termasuk Milen.
Pantes waktu itu ada ibu-ibu bilang Milen pemberani karena berani masuk sendiri. Ternyata anak-anak yang lain masih ditemani.

Memang hebat ya. Gayanya aja udah kayak anak besar.

Wednesday, November 23, 2011

milen : kursus ef

Sore ini Milen ikut trial class di EF. Milen jalan kaki sama Mami menuju EF.
Karena Milen matanya meleng terus, sementara harus cepat-cepat sampai ke EF, akhirnya Mami menggendong Milen.
Ee .. tiba-tiba Milen bilang begini, "Koq anak kecil ini digendong sama maminya?" sambil tersenyum lebar.
Hehehe .. "Soalnya anak kecil ini jalannya lama banget," jawab Mami gemes sama Milen.

Tiba di EF, Milen diajak masuk ke ruang kelas yang digunakan untuk trial tersebut. Dia langsung masuk sendiri tanpa minta ditemani Mami.
Miss-miss yang di sana ternyata sudah banyak yang kenal sama Milen, dan mereka sangat menyambut Milen belajar di sana.

Acara di trial class itu adalah mewarnai. Di luar dugaan, Milen ternyata bisa mewarnai dengan baik, walaupun belum penuh, tidak keluar garis.
Mami sempat meninggalkan Milen sebentar untuk mengurus pembayaran, dan ketika kembali ke depan kelas itu, beberapa ibu-ibu yang mengintip ke kelas bertanya pada Mami, "Anaknya ya?" sambil menunjuk Milen.
"Iya", jawab Mami sambil ikut mengintip. "Wah, ngompol ya?" tanya Mami, karena melihat ada noda di karpet di bawahnya Milen.
"Engga, kayaknya itu sudah lama koq," Ibu itu menjelaskan.
"Umur berapa?" tanya Ibu yang lain.
"Tiga"
"Sudah sekolah ya?"
"Belum"
"Berani sekali anaknya tu, ga takut sendirian,"
"Hehehe .. "
Rupanya Milen langsung jadi primadona, entah sudah melakukan apa aja tu anak sampe ibu-ibu yang di luar kelas pun terpesona sama dia.

Waktu pulang, Milen ditanya oleh Mami, "suka gak?"
Milen : *manggut-manggut
Mami : Kalau gitu mau lagi?
Milen : *geleng-geleng
Mami : Lho? *udah mau nyesel karna barusan bayar :D. Kalau besok-besok mau lagi?
Milen : *manggut-manggut
Mami : Ooo .. (ternyata dia gak mau laginya itu sekarang, besok mau lagi :D)

Sayaaaaanngggnya, lupa gak bawa kamera maupun hape x_x

milen : masuk kursus di ef

Melihat Milen yang sudah "cerewet" sekali kalau bercerita, dan kadang-kadang suka menggunakan bahasa inggris karena sering mendengarkan Ko Isaac, Cici Grace dan Disney Junior, Papi kepingin sekali memasukkan Milen ke kursus bahasa inggris di EF. Tapi EF, khususnya yang di dekat rumah kami hanya menerima anak-anak minimal usia 4 tahun, sementara Milen baru 3 tahun.

Karena Ko Isaac dan Cici Grace dulu pernah belajar bahasa Inggris di sana, kali ini Papi dan Mami memberanikan diri untuk minta kelonggaran syarat. Tidak apa-apa deh kalau memang nantinya Milen tidak bisa naik level, yang penting ada yang memberi inputan bahasa inggris saja. Sebenarnya Isaac dan Grace juga sudah cukup banyak membantu dengan menggunakan bahasa inggris ketika mereka bermain bersama, tapi rasanya sayang juga, sepertinya Milen sedang muncul momentnya untuk diisi banyak hal. Dia berani berceloteh menggunakan bahasa inggris meskipun mungkin baru sekedar menirukan filem kartun atau kakak-kakaknya. Dia juga masih hot-hotnya kepingin renang :) Jadi kami rasa, tidak ada salahnya memberi inputan yang lebih serius selama dia senang melakukannya.

Akhirnya bisa juga Milen diterima belajar di EF. Ada miss yang udah kenal sama Milen ternyata, dan malah mengajaknya belajar di sana. Jadi hari ini Milen akan masuk kelas trialnya pukul 3 sore nanti.

Supaya dapat diskon, kakak yang di sana menganjurkan Milen ikut lomba mewarnai yang diadakan oleh EF tanggal 3 Desember nanti. Lumayan banyak juga diskonnya. Jadi Mami daftarkan Milen untuk ikut lomba mewarnai itu. Milen toh juga sudah pernah diajari mewarnai oleh Cici Grace.

Cici Grace ini banyak sekali mengajarkan ilmu yang dia dapat ke Milen hehehe ..
Ilmu yang dia pelajari di sekolah, di rumah dia sering mengajarkannya lagi ke Milen.

Misalnya, waktu Milen akan diobservasi untuk masuk Preschool, sebelumnya Cici Grace sudah memperkenalkan ke Milen beberapa gambar dan nama-namanya lewat flashcard. Dan malam ini Cici Grace mengajak Milen mewarnai bersama. Padahal Cici Grace baru akan berusia 6 tahun bulan Januari nanti.
Hebat ya Cici Grace :)

Di usia semuda itu Grace sudah banyak meringankan pekerjaannya Mami mengajari Milen banyak hal lewat acara bermain bersama. Milen juga senang diajari oleh Cicinya.

Tuesday, November 22, 2011

isaac dan second life



Mami sedang membuka software Second Life ketika Isaac sedang nonton video cerita Tuhan Yesus. Isaac penasaran dengar lagunya, lalu menghampiri Mami. Ternyata Mami sedang berhadapan dengan gambar ikan dan perlengkapan lab.

Isaac langsung ingin mencoba.

Dan apa yang tadinya terasa membingungkan buat Mami, tiba-tiba sama Isaac koq sepertinya gampang banget.
Ckckckck... Koq kalo urusan komputer dan game, langsung nyambung kayak ketemu jodoh :))

Selesai membedah ikan, dia mengajari Mami. "Gini ya caranya, klik yang ini, trus gini..."
Mami pasrah aja deh.

Sunday, November 20, 2011

tulisannya isaac


 

Tulisannya Isaac tiba-tiba berubah seminggu ini. Jadi sangat kecil dan imut. Bandingkan dengan tulisan dia sebelumnya.
Waktu ditanya, kenapa tiba-tiba tulisannya jadi sekecil itu, pluuusss .. biasanya dia malas memberi spasi antarkata, tiba-tiba jadi rapi jali begitu, jawabnya, "disuruh sama guru yang aku les bahasa inggris itu".
Lho?? Tambah bingung Mami, Isaac kan sekarang ogah les bahasa inggris, dapet guru les dari mana?
Tapi mungkin dia salah persepsi. Mami memastikan lagi, "Maksudnya kamu guru di Pahoa yang ngajar Bahasa Inggris ya?"
"Iya," jawab Isaac.

grace : rapi


Pagi ini waktu Mami turun ke lantai 1 untuk mengambilkan roti untuk Grace, Mami melihat ada saputangan handuk di meja tamu dalam kondisi tergulung rapi di atas koran seperti di gambar. Wow .., rapi sekali .. dan Mami langsung tahu siapa tersangkanya. Grace! Siapa lagi yang bisa melipat serapi itu kalau bukan Grace?
Papi saja mungkin tidak bisa dan pastinya tidak mau hehehe ..

Friday, November 18, 2011

milena : ke palembang


Milen ikut Mami dan Papi ke Palembang tanggal 16 November 2011 kemarin.
Papi dan Mami ada urusan mendadak harus ke Palembang. Isaac dan Grace akhirnya dititipkan ke Mbak Dwi, sementara Milen ikut.

Pukul 5 pagi kami harus berangkat dari rumah. Karena masih tidur, Milen main di angkut aja, ga mandi dulu. Kami kira, nanti Milen bisa mandi ketika tiba di Palembang, bisa numpang mandi di tempat partnernya Papi, tapi ternyata tidak sempat. Ya sudah, akhirnya seharian itu Milen tidak mandi :D

Rupanya Milen suka empek-empek Palembang. Padahal sudah dipesankan mie celor karena biasanya dia pinginnya makan mie, tapi mienya sama sekali tidak disentuh, malah waktu dicobain empek-empek dia mangap terus.

Saturday, November 12, 2011

KO


Sore ini Isaac bercerita kepada kami, "Anak-anaknya T Rex itu kalo sudah makan, langsung tidur lho."
"Ooo .. kamu lihat di mana, Saac?" tanya Papi.
"Lihat di Ice Age," jawab Isaac mantap.

Dari siang sampai sore kami jalan-jalan di Mangga Dua. Pertama ke Harco untuk beli PC untuk kantornya Papi, kemudian ke Mall Mangga Dua beli printer untuk Mami.

Perjalanan kali ini luama sekali, baik ketika berangkat maupun pulang, karena macet luar biasa.
Untungnya kami sempat makan dulu ketika di Mall Mangga Dua. Dalam perjalanan pulang, tumben Isaac, Grace, dan Milen tenang sekali setelah beberapa menit sebelumnya berisik karena Isaac berkali-kali membunyikan mainan tembakannya.

Ketika Papi menoleh ke belakang, ternyata mereka semua sudah tertidur dalam posisi masing-masing .. Seperti anak-anaknya T Rex dong? Sudah makan tidur :D

Wednesday, November 09, 2011

sekarang alat treadmill yang jadi mangsa


Tadi malam, Isaac berhasil menyalakan alat treadmill di rumah dan kemudian menirukan gayanya Papi dan Mami ketika memakai alat tersebut. Awalnya hanya melihat-lihat, akhirnya Grace dan Milen juga ga tahan pingin ikutan pakai :))

Lama-kelamaan, mereka bertiga bosan dengan gaya yang itu-itu saja, lalu jadilah alat treadmill itu panggung mini di mana mereka bergantian berdiri di situ dan bergaya sesuka mereka untuk kemudian turun ke lantai.

milen : baju yang ga ada tangannya

Hei .. tiba-tiba sejak 2 hari yang lalu, Milen mau pakai baju yang ga ada tangannya. Cantik ya? Jadi keliatan lebih feminin, ga tomboy lagi hehehe .. 
Sebenernya cantiknya lebih cantik dari ini, tapi pas difoto koq gak dapet-dapet :D

Monday, October 31, 2011

mencari milen di mall

Hari Minggu, kami sekeluarga pergi ke Puri Indah Mall. Sementara sedang makan burger, Isaac dan Milen jalan-jalan ke luar resto burgernya. Biasanya mereka hanya jalan-jalan di dekat situ dan pasti akan kembali lagi.

Tapi setelah kami akan pergi dari restoran itu, ternyata Milen tidak ada. Dicari-cari tidak ada anak dengan ciri-ciri Milen di jalan-jalan mall itu. Padahal sebelumnya Milen baru saja diumumkan hilang oleh CS Ace Hardware karena berjalan-jalan sendiri. Masa sekarang hilang lagi??

Milen ini termasuk anak yang rasa pedenya sangat tinggi. Kalau sedang jalan sama-sama, dia akan mendahului rombongan dan berjalan seolah-olah dia sudah tahu jalannya. Dan kalau tiba-tiba terpisah dari rombongan, dia tidak merasa dirinya hilang. Dia santai saja dan terus berjalan. Nanti kalau sudah bosan dengan sekelilingnya, baru dia mencari-cari keluarganya.

Kali ini juga begitu. Ternyata tidak jauh dari restoran burger tersebut ada sebuah toko mainan anak-anak. Kami curiga Milen masuk ke situ karena tertarik melihat-lihat mainan di sana.
Ternyata benar!!!
Saat kami semua sedang bingung mencarinya, bahkan Isaac mengira Mami akan meninggalkan Milen karena Milen jalan-jalan sendiri, ternyata Milen sedang asyik melihat-lihat boneka-boneka yang dipajang di toko itu .. ckckck ...

Setelah melihat kami, Milen langsung mengambil salah satu boneka dan mengatakan pada Mami, "Aku mau ini .. aku mau ini .."
Hahaha ..

Tapi ketika kami berkata "tidak" dia menurut dan langsung mengembalikan boneka itu ke tempatnya.

observasi masuk nursery

Tanggal 8 Oktober 2011 kemarin Milena diobservasi sebagai salah satu syarat untuk masuk preschool.
Karena sudah sering melihat Ko Isaac dan Cici Grace berangkat sekolah, dan kepingin merasakan sekolah, Milen pede banget mengikuti observasi tersebut.

Dia disuruh mewarnai, menyebutkan nama gambar-gambar yang ditunjukkan oleh lao shi, berjalan melewati beberapa lingkaran, dan lain-lain.

Ketika keluar, Papi dan Mami bertanya pada Milen, "Tadi di dalam dibilangin apa sama lao shi?"
Jawab Milen, "katanya lao shi, 'nanti belajarnya sambil main'"
Rupanya kalimat itu yang paling berkesan sekali buat Milen :))

Friday, October 28, 2011

main kembang api



Waktu Papi pergi ke Cirebon, Papi beli kembang api beberapa kardus. Walaupun Papi jarang di rumah, tapi Papi ternyata selalu ingat anak-anaknya ya :)

Malam ini kami main kembang api bersama-sama.

Isaac dan Grace sudah bisa menyalakan sendiri kembang apinya, Milen masih takut-takut tapi suka.
Dan seperti biasanya Isaac selalu ingin mencoba cara-cara yang baru, yang berbeda dari yang diajarkan. Dia taruh kembang apinya di lantai, dan menaruh tangannya di atasnya, seolah-olah ingin menyentuh percikan-percikan kembang api itu ckckck ..

Wednesday, October 26, 2011


Hari ini Milen ikut Mami pergi meeting ke daerah belakang Roxy. Karena meetingnya agak pagi, Milen yang baru bangun tidur belum sempat makan. Jadi mami bawakan makanannya Milen di mobil.

Selama perjalanan Milen dengan pintarnya makan sendiri perlahan-lahan supaya tidak tumpah. Dia duduk manis dan memakan makanannya dengan baik.

Mami lega sekali, soalnya jok mobil semua dari kain, kalau kena tumpah-tumpah makanan bisa berabe x_x, sementara Milen dan kakak-kakaknya adalah makhluk yang tidak bisa diam. Mereka selalu berlompatan ke sana kemari.

Tuesday, October 25, 2011


Ini gambar pertamanya Milen pakai pensil warna. Ga jelas sih dia mau bikin apa. Kalau ditanya, pasti jawabannya masih ngalor ngidul gak jelas hehehe .. Tapi dia hebat juga ya milih warnanya :)

video kesukaannya Milen


Ga bosen-bosennya nonton pilem ini. Setiap kali buka ipad atau laptop, minta disetelin kancil dan monyet. Sampe-sampe Milen bisa niruin adegan si monyet waktu makan cabe dan si kancil menasehati monyet.

Sunday, October 23, 2011

tuhan yesus belajar dari mana??

Hari Sabtu malam Isaac, Grace, dan Milen ikut Mami belanja bulanan di H*p*rm*rt. Dalam perjalanan pulang, Isaac bertanya seperti ini, "Mami, Tuhan Yesus itu mati trus hidup lagi belajarnya dari mana sih?"
Hihihi ..

Rupanya, Isaac berpikir semua hal bisa dipelajari, jadi dia juga ingin belajar gimana caranya bisa hidup lagi setelah mati seperti Tuhan Yesus. Bagus juga, ada keinginan untuk belajar :))

Thursday, October 20, 2011

grace : ketiduran di lemari buku

Udah terlalu ngantuk kali ya, jadi ketiduran. Lucunya, mau diangkat, dipindah ke kamarnya sendiri gak mau, malah nangis. Ya udah ga jadi dipindah :D

Sunday, October 16, 2011

giginya isaac tanggal


Malam ini tiba-tiba giginya Isaac yang kemarin-kemarin goyang itu lepas. Letaknya di bawah bagian depan. Setelah berusaha dibawa ke dokter untuk dicabut, dia mati-matian gak mau, akhirnya malam ini lepas.
Ya udah .. lega deh semua orang :)) walaupun sebetulnya lepasnya itu terlambat karena gigi penggantinya sudah nongol cukup lama.

Saturday, October 15, 2011

kegiatan hari ini

Hari ini kami sarapan bersama. Seluruh keluarga berkumpul di ruang makan. Menunya nasi dengan mie instant, kesukaan kami sekeluarga :D. Yang kami sukai dari acara makan bersama adalah kami bisa terlibat percakapan. Maklum, Papi kan sibuk sekali dengan pekerjaannya dan seringnya pulang larut malam, sehingga jarang ngobrol dengan Isaac, Grace dan Milen.

Selesai makan, Papi mengajak Isaac, Grace dan Milen keluar rumah. Papi mau menunjukkan anak-anak kucing yang ada di sebuah rumah kosong dekat rumah kami. Mami masih harus membereskan rumah, jadi tidak bisa ikut dulu, tapi akan segera menyusul. Tapi entah bagaimana, ketika Mami keluar dari rumah, Papi, Isaac, Grace dan Milen ternyata sedang berada di taman, menonton anak-anak bermain bola sambil ngobrol-ngobrol.

Lalu Si Papi punya ide, lomba menangkap lalat. Papi masuk ke rumah dan keluar lagi membawa 4 plastik putih kecil untuk menangkap lalat. Kemudian Papi menunjukkan caranya menangkap lalat kepada Isaac, Grace dan Milen.


Rupanya mereka sangat senang melihat Papi menangkap seekor lalat dan kemudian segera mengikuti apa yang dilakukan oleh Papi.

Permainan yang terkesan jorok ya. Tapi sebetulnya lewat permainan ini kita melatih kesabaran kita. Karena untuk menangkap lalat, tidak bisa dengan gerakan yang cepat. Kita harus pelan-pelan, sabar, supaya si lalat tidak terbang karena menyadari bahaya yang mengintainya :)

Nah urusan tenang dan sabar ini keahliannya Grace nih ternyata. Dan memang, yang pertama kali berhasil menangkap lalat adalah Grace. Setelah melihat Grace bisa melakukannya, akhirnya Isaac berusaha untuk tenang dan akhirnya berhasil juga menangkap beberapa ekor lalat. Milen belum bisa karena memang masih kecil hehehe .. Tapi Isaac dan Grace menangkapkan untuk Milen.




Setelah cape menangkap lalat, Isaac, Grace dan Milen harus mandi. Lagi-lagi acara mandi juga untuk bermain.
Isaac, Grace dan Milen mandi di balkon lantai 3. Balkon lantai 3 adalah tempat kami menjemur pakaian. Di situ ada keran air, sehingga kami bisa mandi di situ. Ternyata yang biasanya Isaac, Grace dan Milen mandi di situ dengan berendam di ember besar, sekarang embernya sudah tidak bisa memuat anak tiga. Mereka akhirnya bermain di lantai. Mereka tahu kalau lantainya tergenang air akan menjadi licin, jadi mereka berseluncur di lantai. Isaac paling seru kalau masalah permainan fisik seperti ini. Dia meluncur di lantai bahkan memantulkan badannya ketika mengenai tembok, seperti bola.

Friday, October 14, 2011

milen : ga mau pake baju yang ga ada tangannya

Kecil-kecil Milen punya prinsip sendiri tentang pakaian yang dipakainya. Dia tidak mau pakai baju yang tidak ada tangannya. Malu katanya. Entah siapa yang ngomong seperti itu ke Milen, karena Mami kan kadang pingin mengenakan pakaian yang tidak ada lengannya, karena hawa panas, tapi Milen tidak mau. Dia lebih suka berkeringat daripada mengenakan pakaian yang tidak berlengan hehehe ..

Monday, October 10, 2011

isaac : belajar moral sambil memasak


Isaac mulai masuk dapur lagi.
Setelah sekian lama, Isaac tidak ngerecokin orang di dapur, kemarin dia masuk dapur lagi.
Gara-gara pertanyaan di pelajaran moral yang dijawab dengan menggelikan oleh Isaac, akhirnya, untuk mengajarkan materi moral itu, Mami mengajak Isaac untuk ikut membantu memasak. Walaupun pada kenyataannya, siapa yang memasak dan siapa yang membantu jadi tertukar kalau begini hihihi ..

Isaac belajar mencuci beras, dan memasukkannya ke alat rice cooker, lalu menyalakan alat tersebut. Kemudian dia belajar membuat telur dadar coklat.
Setelah semua selesai, dia juga membawakan makanan untuk Papi, karena Papi sedang sakit.
Jadi intinya, Isaac belajar memasak sambil praktek pelajaran moralnya tentang membantu orang tua.

Mami sengaja tidak menyuruh Isaac menghafalkan materi pelajaran moralnya, karena belajar seharusnya dialami sendiri, ada pengalaman, bukan hanya dihafalkan dan menjadi teori saja.
Isaac juga senang ternyata bisa membantu Maminya memasak di dapur, membersihkan kamar, membersihkan tempat mainnya, membuat makanannya sendiri, menyuapi adik-adiknya.

Wednesday, October 05, 2011

isaac : pelajaran moral

Tadi malam Isaac mengerjakan PR bersama Mami. Awalnya malas sekali untuk mengerjakan PRnya, karena masih asyik nonton video-video di youtube bersama Grace dan Milen. Tapi ternyata Grace juga bersemangat untuk mengerjakan buku latihan menulis mandarinnya. Jadi akhirnya mereka mengerjakan PR berdua.

Sambil menemani Isaac dan Grace mengerjakan PR, Mami membuka agenda sekolah Isaac untuk melihat ada informasi apa saja dari lao shi-nya Isaac. Ternyata ada beberapa lembar tes yang dibagikan.

Ada hal yang agak menggelikan ketika Mami membaca hasil tes pelajaran moralnya Isaac.
Di situ ada pertanyaan seperti ini :

Jika ibu sibuk memasak di dapur, maka saya akan ...
Isaac menjawab menunggunya
Tapi sebenarnya jawaban yang diharapkan oleh lao shi atau si pembuat soal adalah membantunya.

Sebenarnya Isaac merasa bingung kenapa jawabannya disalahkan. Bahkan ketika diremidi tesnya karena Isaac mendapatkan nilai kurang dari yang diinginkan sekolah, dia tetap memberikan jawaban yang sama :D

Lalu Mami jelaskan, bahwa di pelajaran ini kita sedang belajar moral, artinya belajar hal-hal yang baik yang harus kita lakukan. Jadi sebetulnya kalau Mami sedang memasak, Isaac seharusnya membantu, tapi karena Isaac belum bisa banyak membantu urusan memasak, maka Isaac bisa membantu Mami dengan cara menjaga adik-adik selama Mami memasak supaya Mami tidak kerepotan.

Dan walaupun disalahkan oleh lao shi, menunggu adalah bantuan yang lebih baik untuk Mami daripada ngerecokin. Tentu saja, itu adalah perbuatan yang paling sopan (bermoral) yang bisa dilakukan oleh Isaac saat ini untuk membantu Maminya supaya tidak tambah repot :D

Tuesday, September 27, 2011

isaac : cara membangunkan isaac di pagi hari

Setelah beberapa bulan bersekolah di SD dan Isaac tetap enggan bangun pagi, hari ini Mami menemukan cara untuk membuat Isaac terbangun secara alami :D

Pertama, untuk membangunkan dia dari tidur malamnya, ternyata harus dicium dulu. Memang tidak langsung bangun sih, tapi setidaknya dia masih mau berusaha ke tepi kasur dan ke kamar mandi tanpa perlawanan seperti biasa.

Setelah mandi dan pakai baju, dia masih tetap merem dan selalu dalam posisi tiduran.

Tapi setelah Mami turun dan buka laptop, lalu masuk ke fesbuk, padahal Mami cuma mau serve makanan yang mami masak di cafeworld sambil kasih makan Isaac, tapi ternyata itu membuat Isaac terbangun dan akhirnya jadi seger karena dia pingin main Moganya dia di fesbuk. hahaha ..

Dasar Isaac!

Tuesday, September 20, 2011

grace ngajarin milen

Sering bermain bersama, malam ini Mami kaget karena ternyata Grace, dalam permainannya bersama Milen ternyata sering mengajarkan banyak hal yang dia dapat di sekolah maupun tempat kursusnya.

Misalnya mengajarkan ke Milen beberapa kata dalam Bahasa Inggris atau mengajarkan nyanyian-nyanyian Mandarin kepada Milen. Anak-anak lebih tahu bagaimana cara belajar yang menyenangkan ya? :)

Monday, September 12, 2011

isaac : cabut gigi

Malam ini Isaac cabut gigi lagi untuk yang kedua kalinya. Kali ini karena malas parkir di Citraland, Papi Fredy memutuskan untuk mencoba dokter gigi yang di Apartemen Mediterania Residence Garden 2 Tanjung Duren.

Di situ ada 2 tempat praktek dokter gigi. Kami pilih yang di depan, karena lebih dekat.
Awalnya keluar dokter gigi pria, setelah mengisi data-data, Isaac segera diajak masuk ke ruang praktek untuk dilihat giginya. Tapi si dokter baru sempat memfoto giginya Isaac dengan kamera kecilnya dan setelah itu dia tidak mau membuka giginya lagi karena tahu akan dicabut, akhirnya si dokter menyerah.

Lalu kami keluar sebentar, dan Mami memanggil Papi untuk memberitahu bahwa Isaac menolak untuk buka mulut. Kemudian Papi mengajak Isaac masuk lagi ke ruang praktek. Kali ini keluar juga dokter gigi wanita. Dengan ramah dia mengajak ngobrol Isaac supaya tidak terlalu tegang, setelah diajak ngobrol beberapa lama, Isaac mau mengijinkan si dokter melihat giginya, membersihkannya (sebetulnya mengoleskan obat kebal berbentuk salep) dan akhirnya ketika Isaac tahu akan dicabut giginya dia menolak untuk buka mulut lagi, namun penolakannya kali ini tidak kuat. Entah sebetulnya dia juga sudah ingin giginya dicabut atau gimana, tapi seperti biasa .. gengsi.

Akhirnya bu dokter menawarkan apakah Isaac mau dipangku sama Mami. Tawaran itu tentu saja tidak akan dilewatkan oleh Isaac. Lucunya, waktu dipangku oleh Mami, Isaac awalnya berusaha megangin tangannya Mami, padahal harusnya tangannya dia yang dipegangi supaya tidak berontak. Tapi ketika tangannya dipegangi oleh Mami, dia tidak menolak. Akhirnya dicabut deh giginya Isaac.

Dia baru nangis setelah giginya lepas. hehehe ..
Sekarang gigi depannya Isaac sudah bersih dari gigi yang kotor dan bolong itu.

Sunday, September 04, 2011

main game sekaligus belajar menyampaikan pesan

Ini adalah pesannya Isaac waktu dia main game Monster Galaxy. 
Dia rupanya abis nantangin account maminya, trus menang. Lalu dia tulis pesan bahwa dia sekarang punya moga (monster galaxy) baru tapi hidupnya di air hihihih .. 
Dari cara penulisannya emang masih ngawur blas, tapi pesannya sudah bisa diterima lah. 
Kemajuan :)

Saturday, August 20, 2011

mengintip kelasnya isaac


Hari ini Mami dan Papi diundang untuk datang ke sekolahnya Isaac dan menengok kelasnya. 
Kami akan diberitahu tentang kegiatan Isaac di sekolah, apa saja yang dipelajarinya dan lain sebagainya.

Karena tidur kemalaman, pagi ini Mami bangun kesiangan. Akhirnya .. serba tergesa-gesa kami berangkat ke Serpong.

Berikut ini pernak-pernik kelasnya Isaac :



Behaviour Chart. Berguna untuk penilaian perilaku siswa setiap harinya. 
Hijau berarti perilaku anak tersebut dinilai baik oleh gurunya pada hari itu.
Kuning berarti anak mendapatkan peringatan dari guru baik secara verbal (ucapan) ataupun pesan di agenda
Merah berarti anak tersebut sudah diperingatkan sampai mendapat hukuman.
Isaac sering mendapatkan warna hijau. Tapi kemarin dia dapat warna kuning karena tidak bawa topi.




Ini adalah hasil mewarnainya Isaac. Rapi juga ya mewarnainya, ga nyangka Isaac bisa mewarnai sebaik itu.




Mandarin Corner. Isaac baru dapat nilai sedikit, karena dia masih blum banyak tahu tentang bahasa Mandarin.




Lokernya Isaac. Berisi barang-barangnya Isaac yang ditinggal di kelas.




Teacher's Helper alias jadwal piket. 
Isaac dapat giliran hari Senin.


Monday, July 18, 2011

isaac : masuk sd



Ini adalah hari pertama Isaac bersekolah di SD secara resmi, meskipun baru orientasi saja selama seminggu ke depan.

Waktu dibangunkan oleh Mami, Isaac masih ngantuk soalnya dia tidak mau tidur lebih awal. Ngeliat langit dari jendela kamarnya, dia bilang, "Aku gak mau sekolah malam-malam" :((

Hihihi ..

"Ini sudah pagi, Saac, langitnya aja yang masih gelap. Kamu mandi sebentar nanti langitnya sudah terang koq," kata Mami.
Akhirnya Isaac jalan juga ke kamar mandi.

Hari ini Papi dan Mami yang nganter Isaac ke sekolah. Isaac hebat koq, dia berani masuk sendiri ke sekolahnya.
Tapi sebenarnya, di hatinya Isaac sepertinya lebih suka kalau dia bisa berangkat sekolah bareng dengan Grace atau Milen. Soalnya Isaac sudah beberapa kali ngomong seperti ini, "Harusnya ya, aku itu lahirnya bareng sama Grace. Jadi sekarang aku umurnya sama dengan Grace, sekolahnya bisa bareng." Wew ..
Lha piye Saac? Wong sudah takdir kalo Grace itu jadi adikmu bukan sodara kembarmu :D