Wednesday, October 05, 2011

isaac : pelajaran moral

Tadi malam Isaac mengerjakan PR bersama Mami. Awalnya malas sekali untuk mengerjakan PRnya, karena masih asyik nonton video-video di youtube bersama Grace dan Milen. Tapi ternyata Grace juga bersemangat untuk mengerjakan buku latihan menulis mandarinnya. Jadi akhirnya mereka mengerjakan PR berdua.

Sambil menemani Isaac dan Grace mengerjakan PR, Mami membuka agenda sekolah Isaac untuk melihat ada informasi apa saja dari lao shi-nya Isaac. Ternyata ada beberapa lembar tes yang dibagikan.

Ada hal yang agak menggelikan ketika Mami membaca hasil tes pelajaran moralnya Isaac.
Di situ ada pertanyaan seperti ini :

Jika ibu sibuk memasak di dapur, maka saya akan ...
Isaac menjawab menunggunya
Tapi sebenarnya jawaban yang diharapkan oleh lao shi atau si pembuat soal adalah membantunya.

Sebenarnya Isaac merasa bingung kenapa jawabannya disalahkan. Bahkan ketika diremidi tesnya karena Isaac mendapatkan nilai kurang dari yang diinginkan sekolah, dia tetap memberikan jawaban yang sama :D

Lalu Mami jelaskan, bahwa di pelajaran ini kita sedang belajar moral, artinya belajar hal-hal yang baik yang harus kita lakukan. Jadi sebetulnya kalau Mami sedang memasak, Isaac seharusnya membantu, tapi karena Isaac belum bisa banyak membantu urusan memasak, maka Isaac bisa membantu Mami dengan cara menjaga adik-adik selama Mami memasak supaya Mami tidak kerepotan.

Dan walaupun disalahkan oleh lao shi, menunggu adalah bantuan yang lebih baik untuk Mami daripada ngerecokin. Tentu saja, itu adalah perbuatan yang paling sopan (bermoral) yang bisa dilakukan oleh Isaac saat ini untuk membantu Maminya supaya tidak tambah repot :D

No comments: